Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus (PK)

Spread the love

PEJABAT STRUKTURAL BIDANG PK

Herman, M.Pd, Kabid Pembinan Pendidikan Khusus

Bidang ini melaksanakan tugas menyiapkan bahan, penyusunan kebijakan, perumusan koordinasi, pemantauan, pembinaan, evaluasi dan laporan terkait pada bidang pembinaan pendidikan khusus.

Diantara Fungsi yang dijalankan :

  1. menyusun rencana operasional di bidang pembinaan pendidikan khusus;
  2. mendistribusikan tugas kepada bawahan pada Bidang Pembinaan pendidikan khusus;
  3. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan pada bidang pembinaan pendidikan khusus;
  4. menyelia pelaksanaan tugas bawahan pada bidang pembinaan pendidikan khusus;
  5. Menyusun bahan dan melaksanakan kebijakan, fasilitasi dan koordinasi serta pembinaan terkait teknis Kurikulum dan penilaian sekolah pendidikan khusus;
  6. Menyusun bahan dan melaksanakan kebijakan, fasilitasi dan koordinasi serta pembinaan terkait teknis kelembagaanm sarana dan prasarana pembinaan sekolah pendidikan khusus;
  7. Menyusun bahan dan melaksanakan kebijakan, fasilitasi dan koordinasi serta pembinaan terkait teknis peserta didik dan pembangunan karakter pembinaan sekolah menengah atas;
  8. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan pada bidang pembinaan pendidikan khusus;
  9. menyusun laporan pelaksanaan di bidang pembinaan pendidikan khusus;
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan baik lisan maupun tertulis.
Tasneti, S. Pd Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian PK

Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus, terdiri dari:
Seksi Kurikulum dan Penilaian, yang melaksanakan tugas:

  • Merencanakan kegiatan seksi kurikulum dan penilaian pendidikan khusus;
  • membagi tugas kepada bawahan di lingkungan seksi kurikulum dan penilaian pembinaan pendidikan khusus;
  • membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan seksi kurikulum dan penilaian pembinaan pendidikan khusus;
  • memeriksa hasil kerja bawahan di seksi kurikulum dan penilaian pembinaan pendidikan khusus;
  • menyiapkan penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan, penetapan, kebijakan kurikulum dan penilaian pendidikan khusus;
  • melaksanakan kegiatan pengesahan (legalisir) ijazah dan dokumen peserta didik lainnya;
  • melaksanakan penerbitan surat pindah sekolah pendidikan khusus;
  • mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di seksi kurikulum dan penilaian pembinaan pendidikan khusus;
  • melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan seksi kurikulum dan penilaian pembinaan pendidikan khusus;
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.
Nelson Yanry, S. Kom MM Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PK

Seksi Kelembagaan, Sarana dan Prasarana, yang melaksanakan tugas:

  • Merencanakan kegiatan seksi kelembagaan, sarana dan prasarana pendidikan khusus;
  • Membagi tugas kepada bawahan di lingkungan seksi pengembangan, sarana dan prasarana pendidikan khusus;
  • Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan seksi kelembagaan, sarana dan prasarana pendidikan khusus;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan seksi kelembagaan, sarana dan prasarana pendidikan khusus;
  • Melaksanakan koordinasi kebijakan kelmbagaan, sarana dan prasarana pendidikan khusus;
  • Menyiapkan bahan penerbitan izin pendirian, penataan dan penutupan sekolah pendidikan khusus;
  • Menyiapkan penyusunan bahan pemantauan, evaluasi, pelaksanaan kelembagaan, sarana prasarana serta pendataan dan pengelolaan aset pendidikan khusus;
  • Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di seksi kelembagaa, sarana dan prasarana pendidikan khusus
  • melaporkan pelaksanaan kinerja di seksi kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan khusus;
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.
Raja Faisal, SE, M. Hum Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PK

Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, yang melaksanakan tugas:

  • Merencanakan kegiatan di lingkungan seksi peserta didik dan pembangunan karakter pembinaan pendidikan khusus;
  • Membagi tugas kepada bawahan di lingkungan seksi peserta didik dan pembangunan karakter pembinaan khusus;
  • Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan seksi peserta didik dan pembangunan karakter pembinaan pendidikan khusus;
  • Memeriksa hasil pekerjaan bawahan di lingkungan peserta didik dan pembangunan karakter pembinaan pendidikan khusus;
  • Menyiapkan penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan karakter peserta didik pendidikan khusus;
  • Menyiapkan penyusunan bahan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan karakter peserta didik pendidikan khusus;
  • melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolahPendidikan khusus dan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru;
  • mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di seksi peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan khusus;
  • melaporkan pelaksanaan kegiatan di seksi peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan khusus;
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.