Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Danish Dutch English French German Greek Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Cari Arsip Berita

SMAN 2 Tpi Lolos ke Tingkat Nasional

Cerdas Cermat SMA/SMK Se-Kepri
BATAM (HK) - SMAN 2 Tanjungpinang keluar sebagai juara dalam seleksi cerdas cermat '4 Pilar Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara', yang digelar MPR RI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri di Asrama Haji, Batam, (18/5).

Atas prestasi itu, SMAN 2 Tanjungpinang berhak mewakili Kepri ke tingkat Nasional yang rencananya akan dilakukan pada bulan September 2012. Dimana akan diambil 3 besar untuk mengikuti grand final yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2012, bertepatan dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Di babak final, SMAN 2 berhasil mengumpulkan nilai 100, mengalahkan SMAN 1 Kundur (85), dan SMAN 3 Batam (65). Dewan Juri yang dipimpin Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul mengumumkan SMAN 2 keluar sbagai juara dan melaju ke tingkat nasional.

Suwarto, Biro Kerumahtanggaan MPR RI mengatakan, seleksi pelaksanaan cerdas cermat tingkat provinsi tersebut dilakukan di 33 Provinsi di seluruh Indonesia. Kegiatan itu dilakukan sejak tahun 2008 hingga 2012, tercatat sudah ke lima kalinya. Untuk seleksi tingkat provinsi, Kata dia, Provinsi Kepri yang ke-18. Setelah seleksi di Provinsi DKI Jakarta yang ke-17.  Seleksi pertama dilakukan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Suwarto mengatakan, kegiatan cerdas cermat ini merupakan salah satu metode sosialisasi empat pilar yakni, Pancasila, UUD Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Artinya. Kegiatan ini merupakan wujud dari UU No 27 tahun  2009 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), Pasal 15 ayat 1 huruf (e), disebutkan salah satu tugas pimpinan MPR mengkoordinasikan anggota MPR untuk memasyarakatkan UUD NRI 19 45.

"Kegiatan ini  diwujudkan dalam bentuk sosialisasi empat pilar. Dan untuk lomba cerdas cermat di Provinsi Kepri ini, merupakan seleksi yang ke-18," kata Suwarno di Asrama Haji, Batam.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, lanjut Suwarno, untuk memasyarakatkan dan membudayakan kepada genersai penerus, un tuk memahami aturan dasar negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang  membangun dan  membina silaturahim untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam NKRI.

"Dari lomba cerdas cermat sebagai seleksi tingkat provinsi ini, kita mencari 1 sekolah dari 18 sekolah yang ikut seleksi kali ini untuk mewakili Provinsi Kepri ke tingkat Nasional," kata Suwarno.

Ruhut Sitompul mengaku bangga dengan anak-anak generasi penerus bangsa yang ada di Kepri. Mereka, kata Ruhut, sangat menghayati dan memahami tentang 4 pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Dari awal seleksi, saya melihat anak-anak Kepri sangat menghayati dan memahami betul tentang empat pilar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Ruhut.

Ada pun 18 sekolah tingkat SMA/SMK ikut dalam seleksi lomba cerdas cermat tingkat Provinsi Kepri itu diantaranya,  SMA Kartini Batam, SMAK  Yos Sudarso, SMKN 1 Batam,  SMAN 1 Batam, SMAN 3 Batam, SMAN 1 Tanjungpinang, SMAN 2 Tanjungpinang, SMAN 5 Tanjungpinang, SMKN 1 Tanjungpinang, SMKN4 Tanjungpinang, SMAN 1 Kundur,  SMAN 2 Kundur, SMAK Santo Yusup,  SMAN 4 Karimun, SMAN 1 Bintan,  SMAN 5 Batam, SMKN 1 Bintan,  SMAN 2 Singkep. (lim)

 

haluankepri