Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Danish Dutch English French German Greek Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Cari Arsip Berita

Rintisan BOS untuk SMA Dikucurkan Februari

Rintisan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tingkat SMA dan sederajat dijadwalkan akan mulai dikucurkan pada bulan Februari yang akan datang. "Rencananya akan kita kucurkan pada minggu kedua Bulan Februari. Karena sampai saat ini DIPA masih direvisi. Sepanjang dana itu sudah siap, maka kita akan siap kucurkan," ujar Direktur Jendral Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, kepada Suara Merdeka, hari ini (18/1).

 

Dirinya menjelaskan, mekanisme pengucuran dana rintisan BOS untuk SMA dan sederajat itu nantinya akan langsung ditransfer dari pemerintah pusat ke rekening masing-masing sekolah. Periodisasi pencairan rintisan BOS SMA itu juga tidak sama dengan BOS pendidikan dasar (SD dan SMP). Jika BOS pendidikan dasar dikucurkan setiap tiga bulan sekali, rintisan BOS SMA ini akan dilakukan per semester atau enam bulan sekali.

Karena, anggaran rintisan BOS SMA relatif kecil. "Untuk rintisan ini, tidak diberlakukan per triwulan, tapi per semester, karena dananya relatif sedikit. Kita juga berharap sekolah-sekolah tidak menunggu lama-lama," katanya.

Seperti diketahui, unit cost untuk rintisan BOS SMA ini hanya 120 ribu per siswa per tahun. Adapun jumlah siswa yang akan menerima rintisan BOS itu sekitar delapan juta siswa pendidikan menengah.

suaramerdeka