Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Danish Dutch English French German Greek Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Cari Arsip Berita

23 Pelajar Kepri Wakili LKS Tingkat Nasional

Sebanyak 23 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta akan mewakili Kepri diajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional yang dilaksanakan di Bandung, pada 18 Juni hingga 22 Juni 2012 mendatang. Sebelumnya para pelajar yang akan mengikuti LKS nasional ini telah meraih juara I dari 34 cabang lomba di LKS tingkat provinsi yang penutupan acaranya dilakukan di Balai Kesehatan, Marina City.

Dari 23 pelajar tersebut, 17 pelajar diantaranya merupakan hasil seleksi pada 19 cabang LKS tingkat Provinsi dan 6 pelajar lagi merupakan siswa pilihan yang langsung diturunkan dalam lomba nasional itu.  

"Ke 6 siswa ini sengaja tidak ikut seleksi LKS tingkat provinsi, karena jurusannya langka, seperti robotik Kimia Industri, Teknik Pendingin, Mekatronik, Printing, Coocking, dan Industri Kontrol. Yang akan ikut dalam lomba ini merupakan siswa terbaik di jurusannya masing-masing, " ujar Ketua Panitia LKS tingkat Provinsi, Baharuddin Sitepu, kepada Haluan Kepri, beberapa hari lalu.

Menurutnya, pelajar yang akan diberangkatkan ketingkat nasional merupakan para juara I LKS, 19 pelajar dari Batam dan sisanya 4 pelajar lagi dari Tanjungpinang. Dan para pelajar ini ditingkat nasional nanti akan mengikuti sebanyak 40 cabang lomba. Serta saat ini ke 23 pelajar ini sedang masa dalam persiapan yang disah langsung oleh guru-guru trampil pada bidangnya masing-masing.

Selain itu panitia juga akan mendatangkan pembina dari P4TK Sawangan untuk Bisnis Manajemen, dan P4TK dari Malang untuk bidang teknologi. Kedepannya untuk lomba LKS provinsi ini akan melibatkan P4TK Malang, agar hasil yang dicapai para peserta ditingkat nasional lebih bagus lagi. Namun demikian ia mengaku untuk LKS tingkat Provinsi tahun ini ada peningkatan dari segi kemampuan para peserta.   

"Kita optimis utasan Kepri akan berjaya ditingkat nasional, karena kita punya andalan seperti untuk cabang Industrial Kontrol, Akutansi, Welding, Robotik, Perhotelan, Mekatronik, dan CNC Milis, semua itu merupakan andalan kita di LKS nasional setiap tahunnya," kata pria yang kerap dipanggil Sitepu ini.

Meski pada LKS nasional tahun lalu Kepri pada Pringkat 23, namun tahun ini Sitepu mentargetkan bisa meraih 10 besar seperti kebersilan LKS pada tahun 2010 utusan dari Kepri meraih pringkat ke 9 nasional. "Masuk 10 besar juga sudah lumayan, apalagi ketika lomba LKS tingkat Provinsi yang juara I meraih point cukup bagus, walau juri yang menilai itu utusan dari luar," jelasnya.

Seperti dikrtahui, dari hasil LKS tingkat Provinsi sebagai juara umum diraih SMKN 1 Batam dengan perolehan 8 piala untuk juara I, namun yang akan diberangkat nanti sebanyak 11 peserta. Sementara peserta lainnya 2 pelajar dari SMKN 4 Batam, 2 pelajar dari SMKN 3 Batam, 2 pelajar dari SMKN 2 Batam, dan 2 pelajar lagi dari SMKn 5 Batam. Sedangkan dari SMK swasta 2 orang dari SMK Kolese Tiara Bangsa dan 1 orang lagi masing-masing dari SMK Hangnadim dan SMK Kartini Batam.***

 

haluankepri