Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Danish Dutch English French German Greek Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Cari Arsip Berita

Ini Makna Kemerdekaan bagi Bangsa Ini, Apa Maknanya bagi Anda?

Memperingati dan merayakan ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan RI, seringkali kita ditanya orang atau bertanya kepada diri sendiri, apa sih arti proklamasi bagi bangsa Indonesia?

Pertanyaan yang bisa dianggap penting dan bisa juga tidak, tapi seringkali muncul dan membuat kita berpikir, karena di saat momentum seperti ini, gencarnya ritual upacara kemerdekaan RI dari hiasan merah putih aneka dekor, berbagai perlombaan lucu, sampai mengunjungi taman makam pahlawan, juga menyita berhatian kita.

Berikut ini adalah beberapa jawaban populer yang palung sering disampaikan, jika ditanya soal arti kemerdekaan bagi bangsa ini. Mungkin Anda juga bisa menambahkan yang lainnya.

Sebagai Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia. Indonesia yang telah berjuang mati-matian? mulai dari kedatangan belanda sampai pada penjajahan Jepang akhirnya sampai pada puncaknya pada saat proklamasi perjuangan itu dilakukan.

Segala tumpah darah para pahlawan terbayar ketika Indonesia berhasil memproklamasikan diri sebagai sebuah negara merdeka, terbayar lunas dengan proklamasi.

Namun demikian, tentu saja peristiwa ini tidak berarti sebagai titik akhir perjuangan bangsa Indonesia tetapi malah titik awal perjuangan Indonesia membangun negeri yang telah merdeka dari penjajahan.

Menjadi Pernyataan De Facto . Proklamasi pada tanggal 17 Agustus akhirnya menjadi pengakuan kepada dunia luar negeri bahwa Indonesia terlah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka.

Setelah pengakuan de facto akan muncul pengakuan de jure yang merupakan lanjutan dari efek pengakuan de facto karena pengakuan de jure adalah pengakuan dari negara lain bahwa Indonesia telah merdeka.

Secara de facto Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945. Secara de jure Indonesia merdeka sejak 18 November 1946 ketika Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia.

Menaikkan Harkat & Martabat Bangsa. Indonesia yang dulunya hanyalah bangsa yang terjajah sejak adana proklamasi bangsa terjajah itu mengaku telah merdeka dan mengangkat harkat martabat bangsa sebagai bangsa yang merdeka dan bebas dari penjajahan oleh kolonial dan Jepang.

Momentum untuk Memulai Perjuangan Sebagai Negara Baru. Sejak proklamasi maka lahirlah bangsa Indonesia, dan sejak saat itu pemerintahan dimulai untuk membangun negara yang baruyang diharapkan menjadi negara yang lebih baik lagi.

Indonesia mempunyai pemerintahan sendiri dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyatnya sendiri, bukan lagi menjadi bangsa yang terjajah oleh negara asing atau pemerintahan luar

Dimulainya, Tonggak Sejarah Negara Indonesia. Proklamasi adalah pintu awal kemerdekaan Indonesia. Dengan proklamasi maka sama dengan mulai lahirnya sebuah bangsa baru bernama Indonesia yang akan menentukan nasibnya sendiri, dan tidak mau lagi dijajah oleh bangsa asing.

Lalu, Apakah Arti Proklamasi Bagi Anda? Ini bukan pertanyaan yang jawabannya gampang. Meskipun Pidato Proklamasi sudah dilakukan 70 tahun yang lalu, namun rasa kemerdekaan atau rasa bebas merdeka rakyat hari masih beragam.

Terutama tema aktual saat ini adalah menguatnya opini soal belum merdekanya kita dari cengkeraman ekonomi kapitalisme asing, serta belum merdekanya rakyat karena penjajahan ekonomi oleh bangsa sendiri karena kesenjangan sosial yang semakin melebar.

Bukan itu saja, pemerintah RI dan jajaran para penguasanya saat ini — yang sangat diharapkan dan seharusnya sudah menggiring rakyat ke tingkat jenjang kesejahteraan yang lebih — malah masih terlalu sibuk mengurusi soliditas internalnya, dan terlalu semangat melanjutkan pencitraan, padahal jelas-jelas mulai terbukti bahwa antara janji kampanye dulu dan realitasnya juga melesetnya terlalu jauh.

Mungkin, inilah saat yang tepat bagi rakyat Indonesia untuk melakukan Proklamasi Kedua, seperti yang pernah Soekarno-Hatta lakukan, 70 Tahun lalu. Tentu dengan gaya, cara, dan aksi yang berbeda, namun tujuannya sama yaitu membebaskan rakyat dari penjajahan bangsa asing maupun bangsa sendiri.

sumber Hallojabar.com, dari berbagai sumber lain