Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Danish Dutch English French German Greek Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

  • VTEM Image Show

    Selamat Datang di website Dinas Pendidikan provinsi Kepri

    Kadisdik Kepri
  • VTEM Image Show

    Berpancang Amanah Bersauh Marwah

  • VTEM Image Show

    Untuk Pendidikan Indonesia Yang Lebih Maju

  • VTEM Image Show

    Pendidikan Karakter Menjadi Prioritas Utama

  • VTEM Image Show

  • VTEM Image Show

Berita DISDIK KEPRI

Prev Next
16 Sekolah Raih Penghargaan sebagai Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017

16 Sekolah Raih Penghargaan sebagai Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017

Jakarta,  Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017 diikuti sekitar 500 sekolah dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebanyak  16 sekolah dari 24 kabupaten/kota ditetapkan sebagai pemenangnya. Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017 merupakan kegiatan kolaborasi antara Kementerian Pendi... Read more

Kepri Raih 4 Posisi di PTK Berprestasi Nasional

Kepri Raih 4 Posisi di PTK Berprestasi Nasional

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memilih sebanyak 108 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2017, dari 875 total GTK dari seluruh Indonesia. Pemilihan ini berlangsung sejak tanggal 14 Agustus 2017, hingga 19 Agustus 2017 melalui proses se... Read more

108 Guru dan Tenaga Kependidikan Raih Penghargaan GTK Berprestasi dan Berdedikasi

108 Guru dan Tenaga Kependidikan Raih Penghargaan GTK Berprestasi dan Berdedikasi

Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memilih sebanyak 108 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2017, dari 875 total GTK dari seluruh Indonesia. Pemilihan ini berlangsung sejak tanggal 14 Agustus 2017, hingga 19 Agustus 2017 melalui proses selek... Read more

Galery HUT RI ke 72 Provinsi Kepri

Galery HUT RI ke 72 Provinsi Kepri

Peringatan HUT ke 72 Republik Indonesia di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berlangsung khidmad. Upacara Bendera berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Dompak ini dipimpin Sekretaris Daerah H. TS. Arif Fadillah, Kamis (17/8/2017)   Read more

Habibie Puji Semangat Persatuan dalam Perayaan HUT RI di Istana

Habibie Puji Semangat Persatuan dalam Perayaan HUT RI di Istana

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie memuji semangat persatuan yang muncul dalam perayaan hari ulang tahun kemerdekaan ke Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017). Sebab, semua mantan presiden dan wakil presiden bisa hadir merayakan kemerdekaan. Selain Habibie, hadir pula ... Read more

Sekda Kepri Pimpin Peringatan HUT RI ke 72

Sekda Kepri Pimpin Peringatan HUT RI ke 72

Dompak - Peringatan HUT ke 72 Republik Indonesia di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berlangsung khidmad. Upacara Bendera berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Dompak ini dipimpin Sekretaris Daerah H. TS. Arif Fadillah, Kamis (17/08). Tampak seluruh pegawai, para pejabat mulai dari As... Read more

Presiden rekam aksi bersama Paskibraka

Presiden rekam aksi bersama Paskibraka

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merekam sejumlah aksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bersama dirinya dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa. Berbekal telepon seluler (ponsel), Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menghampiri  anggota Paskibraka y... Read more

Wapres Tegaskan Sekolah Lima Hari Pilihan

Wapres Tegaskan Sekolah Lima Hari Pilihan

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan aturan sekolah lima hari bukan kewajiban. Kebijakan itu dapat diterapkan tetapi boleh pula tidak dilakukan.  "Polemik itu terjadi karena menganggap itu kewajiban. Padahal itu hanya pilihan. Kalau pilihan kan terserah kemampuan sekolah itu, dan tentu ke... Read more

Museum Sumpah Pemuda di JI. Kramat Raya, Jakarta. “Aku hanya orang biasa yang Bekerja untuk bangsa lndonesia dengan cara Indonesia. Namun, yang penting untuk kalian yakini, sesaat pun aku tak pernah mengkhianati tanah air dan bangsaku, lahir maupun batin aku tak pernah mengkorup kekayaan negara."

Ki Hajar Dewantoro
Raden Mas Soewardi Soerjaningrat  lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan sebagai salah sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.[2]

Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada 28 November 1959 (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959)

Memperingati dan merayakan ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan RI, seringkali kita ditanya orang atau bertanya kepada diri sendiri, apa sih arti proklamasi bagi bangsa Indonesia?

Pertanyaan yang bisa dianggap penting dan bisa juga tidak, tapi seringkali muncul dan membuat kita berpikir, karena di saat momentum seperti ini, gencarnya ritual upacara kemerdekaan RI dari hiasan merah putih aneka dekor, berbagai perlombaan lucu, sampai mengunjungi taman makam pahlawan, juga menyita berhatian kita.

Berikut ini adalah beberapa jawaban populer yang palung sering disampaikan, jika ditanya soal arti kemerdekaan bagi bangsa ini. Mungkin Anda juga bisa menambahkan yang lainnya.

Sebagai Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia. Indonesia yang telah berjuang mati-matian? mulai dari kedatangan belanda sampai pada penjajahan Jepang akhirnya sampai pada puncaknya pada saat proklamasi perjuangan itu dilakukan.

Segala tumpah darah para pahlawan terbayar ketika Indonesia berhasil memproklamasikan diri sebagai sebuah negara merdeka, terbayar lunas dengan proklamasi.

Namun demikian, tentu saja peristiwa ini tidak berarti sebagai titik akhir perjuangan bangsa Indonesia tetapi malah titik awal perjuangan Indonesia membangun negeri yang telah merdeka dari penjajahan.

Menjadi Pernyataan De Facto . Proklamasi pada tanggal 17 Agustus akhirnya menjadi pengakuan kepada dunia luar negeri bahwa Indonesia terlah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka.

Setelah pengakuan de facto akan muncul pengakuan de jure yang merupakan lanjutan dari efek pengakuan de facto karena pengakuan de jure adalah pengakuan dari negara lain bahwa Indonesia telah merdeka.

Secara de facto Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945. Secara de jure Indonesia merdeka sejak 18 November 1946 ketika Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia.

Menaikkan Harkat & Martabat Bangsa. Indonesia yang dulunya hanyalah bangsa yang terjajah sejak adana proklamasi bangsa terjajah itu mengaku telah merdeka dan mengangkat harkat martabat bangsa sebagai bangsa yang merdeka dan bebas dari penjajahan oleh kolonial dan Jepang.

Momentum untuk Memulai Perjuangan Sebagai Negara Baru. Sejak proklamasi maka lahirlah bangsa Indonesia, dan sejak saat itu pemerintahan dimulai untuk membangun negara yang baruyang diharapkan menjadi negara yang lebih baik lagi.

Indonesia mempunyai pemerintahan sendiri dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyatnya sendiri, bukan lagi menjadi bangsa yang terjajah oleh negara asing atau pemerintahan luar

Dimulainya, Tonggak Sejarah Negara Indonesia. Proklamasi adalah pintu awal kemerdekaan Indonesia. Dengan proklamasi maka sama dengan mulai lahirnya sebuah bangsa baru bernama Indonesia yang akan menentukan nasibnya sendiri, dan tidak mau lagi dijajah oleh bangsa asing.

Lalu, Apakah Arti Proklamasi Bagi Anda? Ini bukan pertanyaan yang jawabannya gampang. Meskipun Pidato Proklamasi sudah dilakukan 70 tahun yang lalu, namun rasa kemerdekaan atau rasa bebas merdeka rakyat hari masih beragam.

Terutama tema aktual saat ini adalah menguatnya opini soal belum merdekanya kita dari cengkeraman ekonomi kapitalisme asing, serta belum merdekanya rakyat karena penjajahan ekonomi oleh bangsa sendiri karena kesenjangan sosial yang semakin melebar.

Bukan itu saja, pemerintah RI dan jajaran para penguasanya saat ini — yang sangat diharapkan dan seharusnya sudah menggiring rakyat ke tingkat jenjang kesejahteraan yang lebih — malah masih terlalu sibuk mengurusi soliditas internalnya, dan terlalu semangat melanjutkan pencitraan, padahal jelas-jelas mulai terbukti bahwa antara janji kampanye dulu dan realitasnya juga melesetnya terlalu jauh.

Mungkin, inilah saat yang tepat bagi rakyat Indonesia untuk melakukan Proklamasi Kedua, seperti yang pernah Soekarno-Hatta lakukan, 70 Tahun lalu. Tentu dengan gaya, cara, dan aksi yang berbeda, namun tujuannya sama yaitu membebaskan rakyat dari penjajahan bangsa asing maupun bangsa sendiri.

sumber Hallojabar.com, dari berbagai sumber lain

Makalah & Artikel

Prev Next
Ini Makna Kemerdekaan bagi Bangsa Ini, Apa Maknanya bagi Anda?

Ini Makna Kemerdekaan bagi Bangsa Ini, A…

Memperingati dan merayakan ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan...

Read more
Hari Pertama Masuk Sekolah, Siapa Takut? 3 Tips untuk Orangtua

Hari Pertama Masuk Sekolah, Siapa Takut?…

Apa arti hari pertama masuk sekolah? Semester...

Read more
(Kemendikbud) mengajak semua pihak untuk melakukan reformasi

(Kemendikbud) mengajak semua pihak untuk…

Kemendikbud – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)...

Read more
Hikmah Isra Mi'raj

Hikmah Isra Mi'raj

Perjalanan isra dan mi’raj merupakan perjalanan yang...

Read more
Dari Duit Jajan, Ajari Anak Kelola Keuangan

Dari Duit Jajan, Ajari Anak Kelola Keuan…

      Banyak orangtua kelimpungan saat membimbing anak-anaknya merencanakan...

Read more
Menawarkan Cara Belajar Matematika yang Riang

Menawarkan Cara Belajar Matematika yang …

      Kegelisahan terhadap rendahnya minat belajar matematika mendorong...

Read more
7 Tips Merancang Dana Pendidikan Anak

7 Tips Merancang Dana Pendidikan Anak

Sebagai orangtua tentu memiliki harapan untuk memberikan...

Read more
Negara-Negara Ini Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Sedunia

Negara-Negara Ini Memiliki Sistem Pendid…

Berdasarkan data laporan Global Competitiveness Report, inilah...

Read more
Sejarah Hari Pahlawan 10 November 1945

Sejarah Hari Pahlawan 10 November 1945

Hari Pahlawan 10 November 1945 merupakan peringatan...

Read more
Yang Harus Dihindari Fresh Graduate, Saat Melamar Kerja

Yang Harus Dihindari Fresh Graduate, Saa…

      Pada dekade ini untuk mencari kerja yang...

Read more

Link Situs