Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Danish Dutch English French German Greek Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

  • VTEM Image Show

    Selamat Datang di website Dinas Pendidikan provinsi Kepri

    Kadisdik Kepri
  • VTEM Image Show

    Berpancang Amanah Bersauh Marwah

  • VTEM Image Show

    Untuk Pendidikan Indonesia Yang Lebih Maju

  • VTEM Image Show

    Pendidikan Karakter Menjadi Prioritas Utama

  • VTEM Image Show

  • VTEM Image Show

Berita DISDIK KEPRI

Prev Next
APBD Perubahan 2017 Kepri Meningkat Jadi Rp3,469 Triliun

APBD Perubahan 2017 Kepri Meningkat Jadi Rp3,469 Triliun

Dompak - Total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017 Provinsi Kepri mengalami peningkatan menjadi Rp3,469 triliun dibandingkan APBD murni tahun ini yakni Rp3,360 triliun. “Untuk APBD Perubahan tahun ini mengalami peningkatan sebesar Rp135,457 miliar,” kata Ketua DPRD Kepr... Read more

Mendikbud lepas 6.296 Guru Garis Depan

Mendikbud lepas 6.296 Guru Garis Depan

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melepas 6.296 guru garis depan (GGD). Ribuan guru itu akan ditugaskan mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). "Hari ini, kami melepas sebanyak 6.296 GGD. Mereka akan mengajar di daerah 3T," ujar Muhadjir di Jakarta, kema... Read more

OPD Se Kepri Hadir di CK

OPD Se Kepri Hadir di CK

Tanjungpinang - Dinas Pendidikan kepri merupakan salah satu peserta Pelatihan Sistem Keamanan Informasi e-Goverment untuk ASN" tentang pengamanan informasi di lingkungan OPD  se Kepri ikut ambil bagian. Kegiatan yang disponsori oleh Dinas Kominfo Provinsi Kepri ini dirancang sehubungan dengan mereb... Read more

Kawal Perpres Penguatan Pendidikan Karakter, FKDT Gelar Rakernas

Kawal Perpres Penguatan Pendidikan Karakter, FKDT Gelar Rakernas

Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) bertekad mengawal program terbaru Pemerintah yakni, penguatan pendidikan karakter (PPK) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87/2017. Untuk menyatukan visi sekaligus menyinkronkan program ini, FKDT mulai hari ini hingga Rabu (13/9/... Read more

Edaran Gubernur Tentang SPP SMAN, SMKN & SLBN Se Provinsi Kepri

Edaran Gubernur Tentang SPP SMAN, SMKN & SLBN Se Provinsi Kepri

Surat Edaran No. 842/1177/SET Tanggal 21 Agustus 2017 tentang Sumbangan Pendanaan Pendidikan SMA, SMK dan SLB Negeri di Provinsi Kepulauan Riau, dapat diakses di sini Read more

Mendikbud Rotasi 144 Pejabat untuk Penyegaran Organisasi

Mendikbud Rotasi 144 Pejabat untuk Penyegaran Organisasi

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melantik 144 pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penyegaran organisasi ini dilakukan melalui pengangkatan dan rotasi. "Rotasi ini meru... Read more

Persiapan Hari Jadi Ke 15 Provinsi Kepri Tahun 2017

Persiapan Hari Jadi Ke 15 Provinsi Kepri Tahun 2017

Dompak - Pemrov Kepri mulai melakukan persiapan dalam rangka menyambut Hari Jadi ke 15 Provinsi Kepri tahun 2017, diawali dengan rapat bersama seluruh SKPD di Kantor Gubernur yang langsung dipimpin oleh Gubernur Kepri Senin (4/9) yang lalu. Dalam rapat dibahas berbagai agenda kegiatan. Khusus untuk... Read more

Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017

Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017

Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017, akses       Read more

Kepri Hantar Peserta O2SN ke Medan

Kepri Hantar Peserta O2SN ke Medan

Kepri- Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2017 dipastikan akan digelar di Medan. Kontingen Kepri mulai dari jenjang PKLK SD hingga SLTA sudahpun diberangkatkan. Kepala Dinas pendidikan yang beberapa waktu lalu sempat membuka kegiatan serupa untuk tingkat provinsi selalu menekankan agar para p... Read more

Museum Sumpah Pemuda di JI. Kramat Raya, Jakarta. “Aku hanya orang biasa yang Bekerja untuk bangsa lndonesia dengan cara Indonesia. Namun, yang penting untuk kalian yakini, sesaat pun aku tak pernah mengkhianati tanah air dan bangsaku, lahir maupun batin aku tak pernah mengkorup kekayaan negara."

Ki Hajar Dewantoro
Raden Mas Soewardi Soerjaningrat  lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan sebagai salah sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.[2]

Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada 28 November 1959 (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959)

Apa arti hari pertama masuk sekolah? Semester ganjil yang segera tiba, tentu saja bisa memiliki berbagai makna. Sekolah baru, kelas baru, guru dan teman-teman baru, maupun topik baru untuk dipelajari anak. Seperti belantara yang baru akan dijelajahi untuk pertama kalinya, sebagian orangtua masih merasa was-was dengan apa yang akan ditemui anak di hari pertama masuk sekolahnya.

Memang benar: setiap hari pertama masuk sekolah – dalam hal ini, tahun ajaran baru – selalu ada yang baru dari kegiatan belajar dan mengajar. Yang saya maksudkan bukan semata kegiatan di ruang kelas semata, namun juga bagaimana anak membangun relasi dengan elemen-elemen baru yang ia temui di sekolah. Pak Satpam, ibu penjual di kantin, teman sebangku baru, dan masih banyak lagi. Justru, hal-hal di luar pembelajaran di kelaslah yang seringkali membuat anak bahagia bersekolah (kecuali dalam beberapa kasus, seperti perisakan atau bullying).

Namun tidak semua anak berani menghadapi hari pertama masuk sekolah. Termasuk anak-anak yang lebih besar. Setidaknya, bagi saya pribadi, tiap pertama kali masuk ke gedung sekolah baru – menandakan saya naik jenjang pendidikan – ada kecemasan di sana. Apakah ada guru killer? Adakah mata pelajaran baru yang lebih sulit ketimbang matematika? Kecemasan yang berbeda dialami anak yang berbeda, tergantung usia dan pengalaman mereka, baik bersekolah di jenjang sebelumnya maupun berinteraksi di luar rumah (jika anak baru pertama kali sekolah).

Apakah rasa cemas tersebut harus dihilangkan? Tidak, ini adalah perasaan yang wajar dialami saat anak bersiap belajar hal baru di tempat yang baru. Bukik Setiawan menulis dalam buku Anak Bukan Kertas Kosong, bahwa belajar adalah petualangan yang berbahaya. Anak yang bersedia belajar berarti mau meninggalkan zona nyamannya untuk memasuki wilayah ketidaktahuan.

Ibarat memasuki rimba untuk pertama kalinya, anak akan merasa cemas, sekaligus tertantang. Dalam konteks hari pertama sekolah, anak tertantang untuk masuk, mengenal orang-orang baru, menjalin persahabatan, dan menyiapkan diri untuk belajar banyak hal. Dengan banyak manfaat positif yang bisa dialami anak dengan memulai hari pertama bersekolah, Ayah Ibu sebagai orangtua dapat mendukung anak agar tidak takut melangkahkan kaki memasuki gerbang sekolah.

Tiga tips berikut dapat dimanfaatkan untuk memandu anak menyelesaikan petualangan hari pertama untuk dilanjutkan di hari-hari berikutnya.

Hari pertama berarti petualangan baru

Tugas pertama orangtua adalah meyakinkan anak bahwa hari pertama masuk sekolah bisa menjadi petualangan baru baginya. Ayah Ibu bisa mengajak anak mengingat pengalamannya dahulu saat pertama kali masuk sekolah. Jika anak belum pernah bersekolah, sempatkan untuk mengajak anak untuk mengintip suasana sekolah di usia anak yang dekat dengan rumah Ayah Ibu.

Satu-dua permainan dapat menjadi tantangan bagi anak untuk menjalani petualangan barunya di sekolah. Anak yang lebih muda dapat ditantang untuk mengenal satu-dua teman barunya, atau mengingat suasana kelas di mana ia akan belajar selama setahun.

Siapkan peralatan berpetualang

Seorang petualang yang sigap, tentu memiliki peralatan dan bekal yang memadai untuk memulai petualangannya. Sayangnya, dalam konteks hari pertama bersekolah, beberapa orangtua lebih sering merasa parno apabila anak kelupaan membawa barang ini-dan-itu, sehingga memilih untuk menyiapkan peralatan sekolah anaknya.

Terutama untuk anak-anak yang lebih muda, akan lebih menyenangkan apabila anak diajak untuk menyiapkan peralatan bersekolah tersebut bersama Ayah Ibu. Ajak anak mengenal apa saja hal-hal yang diperlukan untuk ‘berpetualang’ di sekolah, dan seiring waktu, anak dapat pula belajar untuk merawat, menjaga, serta berbagi ‘peralatan berpetualangnya’ dengan sesama petualang yang membutuhkan.

Tanyakan keseruan berpetualang yang dialami anak

Saat kedua hal di atas telah diceritakan dan disiapkan, jangan lupa untuk menyambut dan mengobrol dengan anak sekembalinya ia ke rumah. Hari pertama bersekolah bisa menjadi semakin mencemaskan atau menantang, tergantung kesan pertama yang ditangkap oleh anak.

Pertama kali, tanyakan keseruan yang didapat di hari pertama anak bersekolah, lalu dapat dilanjutkan dengan mendiskusikan hal-hal yang mungkin kurang menyenangkan baginya. Selain agar Ayah Ibu memahami situasi yang dialami anak di kelas barunya, mendengarkan cerita anak memberi kita kesempatan untuk memberi dukungan yang tepat – karena kita mengerti apa tantangan yang sedang dan akan diselesaikan anak di sekolah nantinya.

Sudahkah Ayah Ibu siap memandu anak untuk menjalani hari pertamanya di sekolah?

http://temantakita.com/

Makalah & Artikel

Prev Next
Ini Makna Kemerdekaan bagi Bangsa Ini, Apa Maknanya bagi Anda?

Ini Makna Kemerdekaan bagi Bangsa Ini, A…

Memperingati dan merayakan ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan...

Read more
Hari Pertama Masuk Sekolah, Siapa Takut? 3 Tips untuk Orangtua

Hari Pertama Masuk Sekolah, Siapa Takut?…

Apa arti hari pertama masuk sekolah? Semester...

Read more
(Kemendikbud) mengajak semua pihak untuk melakukan reformasi

(Kemendikbud) mengajak semua pihak untuk…

Kemendikbud – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)...

Read more
Hikmah Isra Mi'raj

Hikmah Isra Mi'raj

Perjalanan isra dan mi’raj merupakan perjalanan yang...

Read more
Dari Duit Jajan, Ajari Anak Kelola Keuangan

Dari Duit Jajan, Ajari Anak Kelola Keuan…

      Banyak orangtua kelimpungan saat membimbing anak-anaknya merencanakan...

Read more
Menawarkan Cara Belajar Matematika yang Riang

Menawarkan Cara Belajar Matematika yang …

      Kegelisahan terhadap rendahnya minat belajar matematika mendorong...

Read more
7 Tips Merancang Dana Pendidikan Anak

7 Tips Merancang Dana Pendidikan Anak

Sebagai orangtua tentu memiliki harapan untuk memberikan...

Read more
Negara-Negara Ini Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Sedunia

Negara-Negara Ini Memiliki Sistem Pendid…

Berdasarkan data laporan Global Competitiveness Report, inilah...

Read more
Sejarah Hari Pahlawan 10 November 1945

Sejarah Hari Pahlawan 10 November 1945

Hari Pahlawan 10 November 1945 merupakan peringatan...

Read more
Yang Harus Dihindari Fresh Graduate, Saat Melamar Kerja

Yang Harus Dihindari Fresh Graduate, Saa…

      Pada dekade ini untuk mencari kerja yang...

Read more

Link Situs