.
Kepri Tercepat di Indonesia Salurkan Dana BOS PDF Cetak E-mail
Rabu, 03 April 2013 09:02

Provinsi Kepri mencatatkan diri sebagai daerah pertama yang menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), khusus untuk triwulan ke II 2013 ke seluruh sekolah di Kepri pada (1/4) kemarin. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Kepri, Atmadinata.

“Dana tersebut sudah langsung masuk ke rekening sekolah kemarin,”

Atma menjelaskan, adapun besaran dana BOS berikut jumlah siswa penerima di seluruh Kepri, yakni Rp28,24 miliar untuk anak Sekolah Dasar (SD), dengan jumlah penerima mencapai 194.771 siswa, dimana setiap siswanya menerima Rp145 ribu per tiga bulannya.

“Sedangkan untuk jenjang siswa SMP, anggaran yang kami kucurkan mencapai Rp11,23 miliar, dengan jumpah siswa penerima 69.298 orang, dimana setiap tiga bulannya setiap siswa menerima Rp177.500,” terangnya.

Diterangkannya, dana BOS merupakan anggaran pemerintah pusat melalui APBN yang diperuntukan bagi semua sekolah baik negeri maupun swasta, dari anak Sekolah Dasar sampai Sekolah Menegah Pertama (SMP).

“Mekanisme BOS itu semuanya diserahkan kepada masing-masing dinas pendidikan di kabupaten kota,” ujarnya.

Atma, yang juga Ketua Tim BOS Kepri ini menerangkan, dana BOS adalah program pemerintah pusat untuk pendidikan wajib 9 tahun. Artinya, dana ini untuk seluruh siswa baik SD maupun SMP di seluruh penjuru tanah air.

“Kecuali SMA tidak mendapat anggaran dana BOS itu,” tambahnya.

Dengan dicairkannya dana BOS bagi seluruh sekolah di Kepri ini, Atma berharap, agar para siswa dan guru bisa segera mempergunakannya untuk segala hal yang berkaitan dengan kepentingan para anak didiknya.

Karena bagaimanapun, niat pemerintah untuk mempercepat pencairan ini, agar supaya para siswa bisa lebih konsen dengan pendidikan dan tidak lagi terbebani dengan masalah lainnya.

“Mudah-mudahan ini makin memperlancar dan meningkatkan prestasi para siswa,” tukasnya. (fik)

 

tanjungpinangpos

Share
LAST_UPDATED2
 

themesclub.com cms Joomla template
Banner
Copyright © 2007 Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau  -  All Rights Reserved. design by bankabu@gmail.com
themesclub logo
VPS Terbaik di Indonesia