.
Hari Pertama Sekolah Langsung MOS PDF Cetak E-mail
Senin, 16 Juli 2012 11:19

BATAM - Hari ini, Senin (16/7) merupakan hari pertama masuk sekolah bagi jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK untuk tahun ajaran baru 2012/2013. Untuk hari pertama ini sekolah akan langsung mengelar kegiatan Masa Orentasi Siswa (MOS) diperuntukan bagi siswa baru yang dipandu oleh pengurus OSIS dan guru pembina.

Biasanya untuk siswa baru dihari pertama masuk sekolah ini belum ada yang belajar dan hanya mengikuti MOS yang digelar di sekolah masing-masing. Dan kegiatan MOS ini dilakukan paling lama tiga hari yang dimulai selama tiga jam yang dimulai pukul 7.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Baru setelah usai MOS kegiatan proses belajar mengajar (PBM) berjalan seperti biasanya.  

Sementara untuk kegiatan MOS, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, melarang sekolah menggelar MOS dengan perpeloncoan maupun penggojlokan. Jika sampai ada sekolah yang tetap menyelenggarakan MOS dengan nuansa perpeloncoan, Disdik tak akan ragu menindak sekolah tersebut. Begitu pula Kepala Sekolah dan guru pembina diminta untuk mengawasi MOS dilakukan pengurus OSIS.

"Rencananya Insya Allah besok (hari ini,red) saya akan membuka MOS di SMAN 3 Batam sambil melihat kegiatan MOS itu seperti apa. Tapi saya sarankan sebaiknya kegiatan MOS ini lebih kepada educatif dan hanya pengenalan lingkungan sekolah saja," ujar Kepala Disdik Kota Batam, Drs H Muslim Bidin

 

Ditambahkannya, kegiatan MOS ini mendekati Ramadan, disarankannya harus berkaitan dengan kegiatan rohani yang mampu meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan budi pekerti pada siswa baru. MOs juga diharapkan  dapat memberikan pendidikan lingkungan sekolah,serta bisa membentuk karakter siswa

Mos Berwawasan Lingkungan

Sementara untuk kegiatan MOS yang akan dilakukan di SMPN 29 Batam menekankan orientasi lebih kepada materi pengenalan berwawasan lingkungan yang sejuk dan berbudaya. Menurut Kepala Sekolah SMPN 29 Batam, Dra Desmizar, materi tersebut diharapkan siswa akan  dapat memupuk kebersamaan untuk mengenal lingkungan dalam upaya mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan berbudaya.

"Nanti siswa baru ini dalam MOS akan mendapatkan pengenalan lingkungan sekolah, disamping juga materi ceramah yang bermanfaat untuk masa depan mereka," kata Desmizar disela-sela kegiatan daftar ulang di sekolahnya.

Kegiatan MOS ini juga kata dia, mengacu dengan materi yang telah disampaikan Disdik Kota Batam, yakni mendapatkan materi dan ceramah dari sekolah, maupun dari instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, pihak kepolisian, dan lainnya. "Siswa juga nanti akan mendapat materi tentang wiyata mandala, orientasi sekolah, latihan upacara bendera maupun ceramah kesehatan tentang bahaya penyakit, seperti demam berdarah maupun HIV/Aids. Untuk kegiatan MOS ini siswa baru akan didampingi Osis serta diawasi guru pembina," jelasnya.

Kegiatan yang sama juga akan dilakukan oleh SMPN 20 Batam, untuk kegiatan outdoor berupa latihan kepemimpinan, penumbuhan jiwa kesetiakawanan sosial dan budi pekerti. Sedangkan untuk kegiatan di dalam ruang, sekolah bekerjasama dengan kepolisian untuk memberikan materi kepemimpinan dan antinarkoba.

Kepala Sekolah SMPN 20 Batam, Drs Diansyah menjamin MOS di sekolahnya tidak akan ada perpeloncoan sebab harus diberikan materi yang mendidik. "Pengurus Osis kami minta membimbing adik-adiknya agar disiplin. Tidak boleh ada tindakan memplonco. Bagaimana membimbing adik-adiknya biar disiplin. Karena mereka adalah keluarga besar SMPN 20 Batam," ucap Diansyah.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, MOS di SMPN 20 Batam akan dimulai dengan pembukaan upacara bendera, perkenalan tata tertib, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), lingkungan dalam mendukung program adiwiyata dan cara belajar.  Dalam kegiatan MOS juga akan memperkenalkan sekolah baru siswa tersebut meliputi kegiatan kerja bakti, pelatihan kepemimpinan, pengenalan karakter yang merupakan salah satu ciri khas SMPN 20 Batam.

sumber : haluankepri
Oleh Arment, Liputan Batam

Share
LAST_UPDATED2
 

themesclub.com cms Joomla template
Banner
Copyright © 2007 Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau  -  All Rights Reserved. design by bankabu@gmail.com
themesclub logo
VPS Terbaik di Indonesia